Monday, April 12, 2010

Telur Asin

Pernah terpikir ngga membuat telur asin sendiri? Hmmmm .... kayaknya ngga yah, wong beli juga ada di mana2 hehehhe. Lagipula, telur asin kita tahu secara tradisional membuatnya pake abu atau batubata. Pasti yang lewat di kepala bikin sendiri pasti ngotor2in rumah aja.

Aku juga berpikiran seperti itu sih, sampai aku nemu resep membuat telur asin pake air garam aja, namanya metode "Telur asin ala Tupperware"... karena penasaran & kayaknya gampang banget langsung deh ikutan coba.

3 minggu yang lalu mulai coba, nitip sama bokap-nyokap yang kebetulan waktu itu mau pergi ke pasar deket rumah. Gara2 ada kesalahpahaman, masing-masing beli 10 telur bebek waktu ke pasar (aneh nih, padahal barengan perginya hehehhe), akhirnya jadi ada 20 biji deh telur bebeknya.


Karena ngga punya tupperware akhirnya nyoba dengan 2 toples plastik bekas aja masing-masing untuk 10 telur bebek.

Resepnya seperti ini:
10 buah telur bebek mentah, cuci bersih.
12 sdm munjung garam
1 liter air untuk merendam
1 buah tupperware single deco/wadah apa saja

Cara membuat :

* Siapkan wadah, cuci bersih bila perlu
* Campur diwadah terpisah antara garam dan air
* tata telur bebek mentah di dalam wadah
* Masukkan air garam dan tutup dg rapat
* Diamkan antara 2 minggu - 1 bulan

Sayangnya pas udah 2 minggu, aku lupa moto setelah direbus. Cuma sebagai gambaran rasanya belum begitu asin terutama kuningnya, kalo bagian putihnya udah lumayan. Terus bagian kuningnya juga belum masir (gerindilan seperti pasir) & warnanya juga masih kuning belum oranye.

Setelah tiga minggu, baru deh asinnya pas, kayaknya kalo diterusin 1 bulan buat lidahku terlalu asin. Terus kuningnya udah lumayan masir, pas deh teksturnya dengan harapanku. Karena kalo terlalu masir agak2 keras nanti kuningnya.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails