Tuesday, May 1, 2012

What can you do with your food processor?

Food processor, buat cincang daging titik sampe di situ ... ya kebanyakan orang di sini pasti berpikir seperti itu.

Sebenarnya alat ini banyak gunanya loh, coba deh buka blog-blog masak orang-orang Amerika, banyak yang include alat ini sebagai alatnya. Makanya, hampir semua rumah tangga di amerika pasti punya alat ini. 


Manfaat alat ini bisa bervariasi tergantung attachement yg include di paket & kekuatan motor masing-masing merek. Kebetulan punya gw merek biasa aja Philips bukan cuisint art, kitchen aid, kenwood atau magimix. Empat nama terakhir boleh dibilang pemain liga besar, harganya juga besar .....

Berikut listnya berdasarkan pengalaman sendiri, urutannya berdasarkan hal yang paling gw senangi:
  1. Membuat adonan kulit pie atau cookies. Sebelum punya alat ini, jujur resep yang paling gw benci untuk buat adalah kulit pie, karena pasti tangan gw akan mengadonnya dengan buruk & selalu akan menghasilkan kulit pie yang kebanyakan cairan, kebanyakan diadon & berkeringat (butter/margarine di dalam adonanya leleh krn suhu tangan gw). 
  2. Crumbing.  Suka banget dengan fungsi ini, mungkin beberapa orang akan bilang crumbing pake tangan juga bisa. Tapi gw suka hasil dari food processor karena hasilnya rata ukurannya. Bisa kasar atau halus.
  3. Membuat adonan cair seperti kulit risol. Bisa bikin kulit yang smooth.
  4. Membuat adonan berat seperti pasta atau pizza. Mengulen adonan, udah paling males banget.com. Kita serahkan pekerjaan ini kepada food processor. Tapi alat ini ngga bisa mengulen sampe kalis elastis, cukup sampe kalis aja. So, jangan bikin roti lembut pake alat ini, kasian krn ini tugasnya mixer roti.
  5. Membuat adonan cheese cake. Masukkan semua bahan yang udah suhu ruang, aduk sampe smooth, panggang deh ...
  6. Membuat adonan cupcake. Alat ini bisa digunakan untuk membuat adonan kue yang ngga perlu di 'whisk' atau dikocok atau adonan yang ngga perlu 'airation' alias ngga perlu dimasukkan banyak udara ke dalamnya. Sebenarnya pake tangan juga bisa, tapi kalau jumlahnya banyak food processor akan sangat membantu.
  7. Shredding & slicing. Pake pisau juga bisa, ya iyalah ... tapi kalau jumlahnya banyak, kayak kalau kita masak buat lebaran, percaya deh alat ini kayak benda suci ... penolong umat.
Buat semua hal di atas akan gw post juga masing-masing bersama resepnya yah next time yah ....

Dan berikut ini yang sifatnya eksperimental, dalam hal ini membuat bahan-bahan yang sebenarnya ada di supermarket. Jadi buat percobaan bikin versi homemadenya:
  1. Membuat mentega plus buttermilk
  2. Membuat mayonaise
  3. Membuat selai kacang
Yang eksperimental semua belum pernah gw coba. Tapi selalu masuk dalam 'rencana" gw hehheheh .... kapan-kapan akan diupdate lagi deh ....

Mudah2an tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk yang punya uang lebih untuk beli alat ini ....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails