Monday, January 11, 2010

Banana Crepes Pudding

Udah dipikir-pikir agak lama untuk ikutan banana week tapi bingung juga mau bikin apa. Entri-entri yang masuk di milist NCC nambah bingung, karena banyak yang udah bikin banana cake dengan keunikannya sendiri. Mau bikin muffin, udah pernah bikin muffin pake pisang.
Akhirnya, bongkar-bongkar buku resep, ada 1 buku pemberian teman yang belum satu pun resep di situ yang pernah aku coba. Eh, ada resep yang pake pisang. Aku pikir menarik juga resep ini, karena sepertinya belum ada yang bikin - tapi ngga tau juga kalo udah ada,emailnya membludak sih -. Hal, menarik lainnya adalah karena aku punya crepes pan yang sama sekali belum pernah dipakai untuk bikin crepes atau kulit lumpia, malah buat manggang udang. Sepertinya, ini saatnya dia diberdayakan sesuai fungsi aslinya .... ;p


Bahan Crepes:
Tepung terigu 75 gram
Susu cair 180 ml
GUla halus 25 gram
Mentega 30 gram lelehkan
Baking powder 1/2 sdt - aku ngga pake
Telur 1 butir
Garam 1/2 garam

Bahan Isi:
Pisang raja 400 gram, haluskan dengan garpu kasar saja
Susu Cair 100 ml
Krim kental 50 ml
Tepung maizenna 2 sdm, larutkan dengan sedkit air
Garam 1/2 sdt
Gula pasir 50 gram

Bahan Topping untuk 1 resep:
Susu cair 200 ml
Krim kental 100 ml
2 butir telur
Kuning telur 1 butir - aku ngga pake
Gula pasir 50 gram
Almond 50 gram

NB: aku menggunakan loyang brownies 10x20 cm, dialasi alumunium foil & hanya menggunakan 1/2 resep bahan toping, aneh juga padahal bahan crepes & isi 1 resep loh .... beda loyang mungkin yah ....

Untuk crepes: Aduk semua bahan hingga rata, saring agar halus. Panaskan pan crepes buat dadar tipis, lakukan hingga bahan habis. Sisihkan. Aku buat 8 buah crepes

Untuk Isi: Campur semua bahan isi dalam panci, masak sambil diaduk hingga mendidh & mengental. Angkat, dinginkan.

Ambil satu lembar crepes lalu isi dengan kira2 2 sdm bahan isi, ratakan di atasnya. Gulung, hingga padat. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.

Tata gulungan crepes dalam loyang, sisihkan.

untuk topping: Campur semua bahan topping kecuali almond, aduk hingga rata. Siramkan campuran topping di atas gulungan crepes, taburi almond slice

Panggang suhu 160 derajat celcius selama 35 menit hingga matang. - aku karena takut gosong dengan au bain marie selama 30 menit. 15 menit panggang biasa.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails