Monday, January 11, 2010

Hari Minggu di Pabrik Keju, Yummy Cooking Demo

Hari minggu kemarin aku ikutan acara demo masaknya Yummy. Seneng banget, karena udah lama ngga ikutan acara-acara yang berhubungan dengan masak memasak. Apalagi ini diadakan di pabrik kejuu … hehhehe ……

Sekilas sejarah Yummy: (diambil dari website Yummy)
Pembuatan keju Yummy dimulai pada tahun 1988 di Bali dalam skala kecil. Produk pertama nya berupa dadih putih (Curd Cheese), Gumpalan keju Feta (Feta Cheese) dan bermacam-macam keju bumbu segar (Fresh Spiced Cheese). Produk ini dapat dinikmati di restaurant dan hotel dari kuta, Sanur sampai ke Ubud dalam bentuk bermaca-macam cheese cake, keju Feta untuk salad yunani yang terkenal, dan olesan keju segar gurih yang dicampur dengan bawang putih, lada hijau, atau lada hitam dari Gunung Agung.....

Di acara demo tersebut kita diajarin masak 5 resep yang mengggunakan bahan keju oleh chef Cahyadi, yaitu Yummy Cheese Muffin, Yummy fruit yoghurt pudding, cheese cup cake, Yummy fetah chicken breast and baked potato & cheese. Sayang yang terakhir aku lupa foto ;p, soalnya keburu lapar, trus masuk perut deh …… ;p

Selain demo masak Yummy juga memberikan product knowledge, sekaligus pengetahuan tentang keju terutama keju muda atau soft cheese oleh marketing PT. Yummy, sayang aku lupa nama mas-nya …. Dia lebih mirip anak band loh dibanding orang yang kerja di pabrik keju …

Berikut sekilas pengetahuan tentang soft cheese oleh mas yang mirip anak band ini. Updated: ternyata namanya Mas Sofyan .... makasih mbak Tety.

Soft cheese sebaiknya disimpan di suhu 2-4 derajat Celcius.
Kalo di kulkas rumah, sebaiknya disimpan di chiller, itu loh rak yang tepat di bawah freezer, yang biasa untuk menyimpan ikan atau daging. Salah satu larangannya buat soft cheese ini, yaitu jangan disimpan di freezer, karena air & lemaknya akan berpisah di mana air akan mengkristal & teksture dari soft cheese tersebut akan rusak & tidak akan bisa recovery. Kalau tidak ada chiller, sebaiknya keju di simpan di kulkas jangan di dekat lampu karena relative lebih panas atau di rak bagian pintu, karena suhunya fluktuatif apabila kulkas dibuka-tutup.

Soft cheese hanya akan bertahan 1-2 jam di suhu ruang, setelah itu harus langsung digunakan

Secara kasat mata, soft cheese dapat dikatakan layak pakai apabila tidak terdapat bintik-bintik, biasanya berwarna hijau, hitam atau abu-abu, karena bintik-bintik itu merupakan spora atau jamur, yang sudah mulai tumbuh. Kadang juga bisa berserabut seperti jamur tempe.

Hal kasat mata lainnya adalah, soft cheese masih layak pakai apabila bagian permukaan & bagian dalamnya masih bewarna & berteksture sama.

Soft cheese masih layak pakai apabila baunya normal. Apabila ada bau tidak sedap seperti tengik atau terlalu berbau asam, maka keju sudah tidak layak pakai.

Selalu gunakan alat-alat yang bersih dalam mangolah keju, untuk menghindari tumbuhnya jamur apabila sisa keju masih ingin disimpan.

Expired date dapat diabaikan apabila tidak terdapat tanda-tanda di atas. Artinya walaupun sudah lewat expired date-nya masih bisa digunakan selama tanda-tanda di atas tidak muncul. Cuma kalau ragu lebih baik jangan digunakan yaahhh …..

Expired date dapat diabaikan apabila telah timbul tanda-tanda di atas. Artinya walaupun expired date belum lewat apabila tanda-tanda tersebut sudah muncul maka soft cheese tidak dapat digunakan. Kemungkinan soft cheese rusak karena suhu tidak terjaga saat pengiriman atau penyimpanan.

Produk-produk Yummy, bisa diretur atau ditukar apabila rusak sebelum tanggal expired date-nya. Silahkan diretur di tempat pembelian atau di pabrik Yummy.

Bakalan berguna sekali nih pengetahuannya …..

Selain demo masak & pengetahuan tentang soft cheese peserta juga dapet celemek yummy, 1 produk yummy bisa pilih sendiri & bisa beli produk Yummy dengan harga pabrik … sempet kalap juga liat harganya yah … bayangkan mascarpone-nya cuma 30 ribu per cup … sayang ngga jadi beli karena di rumah ngga punya fresh cream kalau mau buat tiramisu. Akhirnya aku beli Neufchatel & sour cream masing-masing satu cup plus Yofit Yoghurt 3 botol per 180 ml. Untuk produk yummy gratisannya, aku pilih Neufchatel juga, & hadiah 1 fetah cheese, karena jadi salah satu yang datang paling pagi. Padahal datang kepagian karena takut nyasar & sebenernya udah sempet nyasar, untung nyimpen nomer telepon pabrik Yummy, jadi ngga nyasar-nyasar amat. Hehehhe …

Sekarang sedang menyusun rencana nih, mau dibikin apa yaahhh oleh-oleh dari pabrik Yummy..

Oke, teakhir aku mau say hai sama Mbak Tari, nice to know you mbak & Mbak Camelia yang blog-nya aku suka banget, sama teman-teman yang lain yang ngga sempet tau namanya satu per satu … maafkan yaahhh ….. satu lagi mbak Tira yang sampe aku pangling soalnya “terpaksa” dandan cantik supaya anaknya mau ditinggal, bilangnya sih mau kondangan ….. hehehhe ada-ada aja…….

Ya begitulah hari minggu yang menyenangkan di pabrik keju ……

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails